Jika anda ingin melihat fotografi atau suku anak dalam maka letakkan panah ke laman fotografi dan klik, maka anda akan masuk ke laman fotografi dan silahkan anda pakai panah kebawah untuk melihat foto yang tersedia.



LANGIT TANPA BATAS

Manusia adalah mahluk yang memiliki banyak keterbatasan, namun ada yang tidak terbatas pada manusia yaitu imajinasi dan kemauan, oleh sebab itu eksplorasilah dan kendalikan kedua hal tersebut, dan mintalah hanya kepada Allah SWT, karena izin Allah SWt lah semua imajinasi dan kemauan dapat diujudkan. Jangan lupa meminta kepada Yang Maha Pencipta, Yang Maha Pemurah, Yang Maha Pengasih, Yang Maha Penyayang

Rabu, 05 September 2012

PABRIK TANAMAN

Pabrik tanaman adalah salah satu bagian dari pertanian terkendali ketat yang sistem pertaniannya telah dapat menjamin faktor penunjang pertumbuhan tanaman secara terencana setiap satu tanaman yang ditanamnya sehingga menghasilkan produk dengan standar yang diinginkan. Pada sistem ini penerapan mekanisasi pertanian sangat tinggi, sehingga penguasaan petani pada faktor-faktor pertumbuhan tanaman menjadi jauh lebih tinggi daripada sistem pertanian lainnya.

Kota Jambi dengan kondisi daerah yang mulai padat dan tanah-tanah pertanian yang subur telah mulai berkurang atau beralih fungsi menjadi bangunan dan fasilitas kota lainnya menyebabkan pabrik tanaman sudah menjadi hal yang harus difikirkan, namun ketersediaan teknologi yang murah dan cocok untuk Kota Jambi menjadi tantangan tersendiri, karena Kota Jambi merupakan daerah dataran rendah hutan hujan tropik Sumatera dibutuhkan konsep pabrik tanaman yang lebih cocok untuk itu, penggunaan rumah kaca, pencahayaan buatan, dan nutrisi an organik seperti layaknya di Belanda dan Jepang harus dievaluasi kembali, karena Kota Jambi kecukupan cahaya, tidak ada musim dingin, selain itu banyak tersedia bahan baku berupa sampah organik kota merupakan potensi yang harus dimanfaatkan.

10 tahun terhakhir telah dicobakan berbagai cara hidroponik yang telah dipraktekkan di pulau jawa terutama di dataran tinggi seperti daerah bogor, ternyata sistem hidroponik tersebut bersifat non organik, nutrisinya harus didatangkan dari luar negeri dan sampai di Kota Jambi dengan harga yang sangat mahal, begitu juga peralatan bantu hidroponik kebanyakan berasal dari luar Indonesia, sehingga harga satuannya menjadi terlalu mahal untuk petani hidroponik di Jambi. Setelah dicobakan beberapa tahun, ternyata harga penjualan sayur mayur hidroponik dengan cara demikian tidak bisa menutupi harga produksi, oleh sebab itu di satu-satunya usaha hidroponik di Jambi yaitu di Workshop TeknoMartino gulung tikar.

Namun berdasarkan pengalaman tersebut Workshop TeknoMartino mulai membangun cara berhidroponik yang baru, yaitu hidroponik organik yang berbasis pada nutrisi organik yang dihasilkan dari teknologi pengomposan linier mempergunakan mesin Bioreaktor Pembangkit Pupuk Cair yang diberi nama Jus Bumi Hidroponik. Penelitian ini dimulai pada tahun 1998, dan berlanjut sampai tahun 2012 dihasilkan sistem hidroponik yang cocok untuk penggunaan nutrisi Jus Bumi (NJB).

Pada tahun 2012 diluncurkan O City Farming yaitu model pengembangan pertanian ramah lingkungan berupa pengemposan linier, hidorponik organik, pengewetan tanpa bahan kimia yang bisa diterapkan pada daerah perkotaan dengan pembiayaan lebih murah dari pertanian hidroponik tradisional yang ada pada saat ini. 
Hidroponik organik selada sistem rak


Hidroponik organik salderi sistem rak
Hidroponik organik buah-buahan dalam pot sistem irigasi tetes

Sistem fertigasi dan pengendalian hama dan penyakit



Membuat Kebun Hidroponik Di Teras Rumah




Kita sering meremehkan potensi teras rumah kita yang kecil, padahal bila kita menatanya dengan tapat, maka dia dapat menjadi sumber pangan rumah tangga. Kita dapat membuat hidroponik kotak untuk menumbukan berbagai keperluan rumah tangga kita, mulai dari herbal dan segala kebutuhan dapur. Ini contoh pemanfaatan teras rumah yang saya buat untuk memenuhi kebutuhan herbal serta sayur mayur untuk keperluan seisi rumah, dengan baskom dan kota sederhana kita bisa menanam dengan mudah, nutrisi yang dipergunakan adalah nutrisi organik Jus Bumi Hidroponik, penyiraman cukup sekali seminggu dilakukan. Semoga tulisan ini dapat menggugah kita untuk memanfaatkan setiap sudut rumah kita sebagai wilayah produktif di rumah kita. Selamat mencoba.

JUS BUMI HIDROPONIK



Nutrisi hidroponik ini terbuat dari pengolahan sampah organik rumah, baik itu rampah dapur maupun sampah halaman mempergunakan metode pengomposan linier, kompos cair ini setelah ditingkatkan kandungan nutrisi NPK nya menjadi 2% masing masingnya dapat dipakai sebagai nutrisi hidroponik seperti yang terlihat pada hidroponik yang saya perlihatkan pada gambar di tulisan sebelumnya. Nutrisi ini dapat dipesan lewat e-mail dedemartino@gmail.com. 

Penggunaan nutrisi ini jauh lebih mudah dibandingkan dengan nutrisi AB mix yang biasa dipergunakan oleh para hobiis hidroponik, pH larutan tidak perlu di atur lagi, dan juga tidak dibutuhkan pencampuran dua larutan, nutrisi ini hanya satu jenis dan tinggal di larutkan sesuai dengan jenis dan kebutuhan tanaman yang kita tanam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar